Sabtu, 13 November 2010

Dibalik Abu Vulkanik

Sedikit cerita tentang Merapi dan Jogja...

Malam itu, Kamis 4 November 2010, saya sih rencananya mau ke Karita, eh ada Informasi katanya di luar sana ada hujan abu yg pekat bgt. Oke, gagalah rencana saya.

Yaa saya nyantai aja, kan 'cuma' hujan abu, pikir saya.
Diem di kamar. Nggak ada rasa khawatir. Maklum, Merapi lg 'bangun'.

Entah apa yg ada dipikiran teman-teman sekos saya tentang hujan abu itu.
Mereka nggak tidur semalaman, nongkrongin TVone dan MetroTV.
Padahal saya udah tidur pulasss. No panic

Kira-kira jam setengah dua dini hari, saya ditelpon Ibu.
"kamu nggak apa-apa?"
"lha emang ada apa, Bu?"
"Itu di TV katanya Jogja hujan abu"
"Ah enggak tuuh, baik-baik aja"

Setelah nutup telpon dari Ibu, teman sekos saya ngetok pintu, saya disuruh bangun, nggak boleh tidur, situasi gawat.
Saya pun bingung. Kenapa orang-orang pada heboh tengah malem. Enakan jg tidur :p.
Keluar kamar, jeder jeder, ternyata emang serem. Udah bukan hujan abu lagi, tapi hujan pasir+kerikil. Subhanallah.
Saya pun memutuskan ikut ke kamar teman saya. Serem bo tidur sendirian.
Ternyata oh ternyataaa orang-orang satu kos nggak ada yg tidur dan pada ngumpul semua. Jelas, sambil melototin TVone dan Metro TV. ckckck
Apa separah itukah ketidakpekaan saya terhadap lingkungan saya? ckck
Separah itukah situasi Jogja saat ini?
Saya kok masih ngerasa aman dan nyaman yaa.

Hujan pasirnya serem sih. Tapi masih dalam batas wajar menurut saya. Aman.

Nyampe kampus.
Orang-orang pada pake masker karena hujan abu masih berlangsung.
Parahnya, teman-teman saya pada heboh mau eksodus. Katanya Jogja tidak aman. Ngek!
Saya masih nyantai. Belum ada niat buat eksodus.
Eh, teman saya malah maksa saya eksodus.
Kenapa sih mereka-mereka ini? Korban Media sepertinya.

Ketika pada akhirnya saya memutuskan untuk eksodus, alasan saya bukan karena Jogja sudah tidak aman. Bukan. Tidak sama sekali.
Tapi, karena efek dari hujan abu warung-warung makanan tutup semua. Mau makan pakai apa sayaaa? :(
Yasudah.

Doa saya untuk Jogja.
Semoga Jogja kembali normal, kembali asik.
Lindungi mereka semua, Ya Allah.

Buat media, tolong dong jangan buat berita berebihan.
Kita, masyarakat Jogja, udah cukup panik, malah ditambah-tambahin.
Tolong memberikan berita yang lebih mendidik.

Buat teman-teman saya, tetap jaga diri yaa.
Jagangan percaya berita/sms yg isinya hoax.
Percayalah, Allah SWT., selalu bersama kita.

Yeahh.
Yogyakarta tetap Berhati Nyaman
Sleman tetap Sembada
Jogja, Never Ending Asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar